Rabu, 28 Januari 2015

As & Mar

Tak terasa sudah semester 1 telah berlalu. Kini aku harus lebih mempersiapkan diri lagi untuk menghadapi semester 2 di TPB yang tentunya masih tinggal di asrama. Sebetulnya kehidupan di asrama itu asik, seru pokoknya banyak banget kesan, pengalaman yang bisa kita petik sebagai pembelajaran untuk kehidupan yang lebih baik tentunya. Namun, terkadang aku suka males di asrama kalo ga ada kerjaan apa-apa alias gabut. Hal itu yang paling membosankan. Disaat mood lagi kacau, ada masalah, males belajar, lagi males berinteraksi, mau tidurpun ga bisa itu tuh kalo lagi tinggal di asrama rasanya pengen balik aja ke rumah. Memang sih, kalo mau pulang ya pulang aja lagi pula deket rumahnya tapi aku suka ngerasa tanggung gitu aja kalo pulang, misalnya kayak besok masih ada kuliah pagi, atau malemnya ada solong atau nggak ngalong. Ya segala macam kegiatan di asrama yang kayak gitu yang menghambat untuk pulang, kan aku pengen daftar hadirnya ada tanda tangan terus biar ip asramanya bagus wkwkwkwk bohong deh nggak, sebenarnya biar ga di tanya2 sama kaka SR juga. Jadi, aku pulangnya ya seminggu sekali tapi pernah sih seminggu dua kali hehehe. Sebetulnya ada baiknya juga tinggal di asrama karena jadwal kuliahnya yang ngaclok-ngaclok ga urutan waktunya kayak sekolah dulu, jadikan bisa istirahat juga bolak-balik ccr asrama biar bisa isoma dulu. Ya pokoknya harus bersyukur deh soalnya di ipb mewajibkan kita untuk tinggal di asrama, mau yang rumahnya jauh ataupun dekat. Di asrama inipun mengajarkan aku untuk menjadi pribadi yang mandiri, pribadi yang lebih baik lagi. Kerasa banget perubahannya yang aku alami. Awal pertama kali mengetahui harus tinggal di asrama aku senang banget soalnya bisa nggak tinggal di rumah, biar jauh dari orangtua juga tapi ternyata? Homesick cuy hahaha.. Hari kamis tepatnya tanggal 26 juli 2014 untuk jalur snmptn diwajibkan untuk menempati asrama. Aku terdaftar di gedung A2 lorong 4 kamar 186 bersama kedua temanku yang bernama Eki dan satu lagi aku lupa namanya siapa hehe tapi temen kamarku yang satunya lagi itu ga dateng. Seperti biasa untuk menempati asrama kita di haruskan untuk registrasi terlebih dahulu. Setelah itu, mendapatkan kunci baru deh kita bisa memasuki kamar yang sudah di tempatkan. Ketika aku menuju kamarku itu ribet banget jalannya karena lorong 4, lorong paling belakang dan lorong terpanjang pula-_-. Yah udah deh, pas gitu udah ada temen kamarku yang dateng bersama ua dan ibunya. Kita saling memperkenalkan diri terus membersihkan kamar, beres-beres barang yang kita bawa. Setelah itu, orangtuanya Eki pun harus kembali pulang ke Majalengka, disitu aku melihat temenku sedih mengeluarkan air matanya karena belum mau di tinggal oleh orangtuanya. Tapi lama kelamaan Eki menerima juga bahwa orangtuanya harus pulang dan dia harus tinggal di asrama. Sedangkan aku sendiri? Aku ga sedih, aku ga nangis di tinggal sama orangtuaku, biasa aja. Kayaknya mama aku deh yang sedih, aku tinggalin hehehe *pedebanget*. Temen-temen SMAku malah sorenya pada pulang lagi ke rumah, kalo aku udah mulai tidur di asrama karena ya nggak tega juga kalo Eki tidur sendirian, udah gitu temen kamar yang satunya lagi ga dateng dateng juga, padahal kita udah nunggu dan penasaran orangnya kayak gimana. Ketika aku dan Eki sama-sama di tinggal orangtua kita masing-masing, banyak sekali obrolan yang di perbincangkan dan aku merasakan srek bisa langsung akrab dengannya. Namun, ada satu masalahku yaitu aku harus menghibur ketika dia nangis dan aku harus menecegah supaya dia nggak nangis karena keingetan orangtunya. Terkadang, aku suka merasa bersalah kalo dia nangis. Aku ngerasa ga berguna jadi teman satu kamarnya. Maaf. Dia keseringan banget nangis sampai aku tidak bisa menangis. Aku selalu menasehatinya dan memberikan kekuatan kepadanya tanpa peduli perasaanku sebetulnya juga seperti itu yang semakin lama merindukan keluarga. Aku memberikan kekuatan kepada oranglain namun sebenarnya aku membutuhkan kekuatan itu. Sampai pada akhirnya aku bisa menangis juga di hadapannya. Ya mau gimana lagi, hari demi hari berganti dan perasaan itu berganti pula, yang tadinya biasa aja malah jadi sedih apalagi ketika memasuki bulan puasa, sahur perdana tanpa keluarga dan buka puasa pertama tanpa keluarga. Itu tuh bener-bener kerasa banget dimana aku harus bangun sahur sendiri, tanpa mengandalkan oranglain untuk bisa membangunkanku. Padahal kalo di rumah aku suka dibangunin. Terus yang tadinya kalo bangun itu udah tersedia makanan tapi sekarang aku harus mengambil makanan di lobi yang ga kebayangkan jauhnya kayak gimana dari lorong 4 ke lobi masih ngantuk-ngantuknya lagi-_-. Hampir setiap hari kita lakukan seperti itu ketika bangun sahur. Namun, ada saat ketika aku dan Eki telat bangunnya karena udah imsak dan mau nggak mau kita nggak sahur tapi kita tetap melanjuktkan ibadah puasa kita sampai maghrib. Alhamdulillah itu hanya sekali terjadi ketika kita bangunnya sama sama telat hehe. Terus sering juga mama bawain makanan buat aku buka puasa terus mama juga sering banget masuk ke kamar aku padahal orangtua atau orang lain udah ga di bolehin untuk masuk kamar kecuali di lobi boleh masuk tapi ya mama mah masuk aja ga ketauan ini hahaha. Tapi suka seneng kalo di jenguk sama mama, dibawain makanan yang banyak hehe. Selain di asrama yang melakukan kegiatan solong, ngalong, apel yang hampir setiap hari, kita pun disini sudah diwajibakan untuk kuliah terlebih dahulu yang bisa disebut martikulasi. Untuk jalur snmptn mendapatkan 1 matakuliah untuk martikulasi selama kurang lebih sebulan. Aku bersama teman kamarku sama sama mendapatkan martikulasi mata kuliah fisika jadinya kita bisa saling mengisi dan saling berbagi pengetahuan ketika ada satu yang tidak di mengerti. Sebenarnya selama martikulasi ini aku merasa kaget karena tugas-tugas dari kuliah yang diberikan hari ini harus dikumpulkan besok, mana lagi kita harus mengerjakan laporan praktikum yah pokoknya bentrok banget deh. Rasanya kayak ga ada waktu buat istirahat sama sekali bener-bener padettt. Kuliah praktikum kuliah praktikum gitu mulu, cape  pas mau ngerjain laporan praktikum malahan ada solong atau nggak ngalong setelah shalat terawih berjamaah sampai jam 9 atau pernah juga sampe jam 10 padahal mau ngerjain laporan huhu yaah terpaksalah hampir setiap hari begadang mulu, rekor terakhir tidur paling lama itu jam 2 karena ngerjain laporannya salah salah salah terus hahaha kacau-_- mana kejar target juga kan yang harus dikumpulinnya besok.. yaah begitulah kehidupan martikulasiku, terlalu banyak mengeluh dan mengeluh. Semangatnya mah dikit. Jadi hasilnya pun nggak sesuai target hahaha yasudahlah tapi seneng juga bisa kenal sama teman-teman dari daerah yang lainnya, bisa tahu banyak tentang budaya, bahasa, dan lain-lain yang setiap daerah punya kelebihan tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar